Kuis 1 PBKK

KUIS 1 PBKK (WinForm, WPF, & UWP)

Nama : Daud Dhiya' Rozaan

NRP : 5025211021

Kelas : PBKK - B

Tahun: 2023/2023 (Ganjil)


Soal: http://fajarbaskoro.blogspot.com/2023/10/quiz-pbkk-2023.html

Jawaban:

No 1. Jelaskan struktur framework , dan apa saja kegunaanya dalam pengembangan Perangkat Lunak?

Framework adalah kerangka kerja yang menyediakan struktur dan panduan untuk membangun dan mengembangkan perangkat lunak. Struktur framework terdiri dari kumpulan rules, concept, dan tools yang dirancang untuk membantu developer dalam membangun aplikasi secara konsisten dan efisien.

Beberapa elemen penting dari struktur framework dan kegunaannya dalam pengembangan perangkat lunak:

1.       Library :

Struktur à Framework menyediakan berbagai pustaka (libraries) yang berisi kode-kode yang telah dibangun sebelumnya untuk menyelesaikan tugas-tugas umum. Contohnya adalah pustaka untuk pengolahan gambar, manajemen basis data, atau interaksi jaringan.

 Kegunaan à Dengan menggunakan pustaka yang telah ada, pengembang dapat menghemat waktu dan upaya karena tidak perlu membangun kembali fungsi-fungsi dasar tersebut.

     2.    Reusable Code :

Struktur à Framework memungkinkan pengembangan kode yang bersifat modular dan dapat digunakan kembali. Pengembang dapat membangun komponen-komponen independen yang dapat digunakan dalam proyek-proyek lain.

Kegunaan à Kode yang dapat digunakan kembali mempercepat proses pengembangan, mengurangi redundansi, dan memudahkan pemeliharaan aplikasi.

3.       Design Patterns :

Struktur à Framework menyediakan pola desain (design patterns) yang telah terbukti dan umum digunakan untuk memecahkan masalah-masalah pengembangan perangkat lunak tertentu.

Kegunaan à Dengan mengikuti pola desain yang baik, pengembang dapat membuat aplikasi yang mudah dimengerti, mudah dikelola, dan mudah diperbaiki jika terjadi masalah.

4.       Extension Points :

Struktur à Framework menyediakan titik-titik ekstensi yang memungkinkan pengembang menyesuaikan dan memperluas fungsionalitas framework sesuai dengan kebutuhan proyek.

Kegunaan à Dengan menggunakan titik ekstensi, pengembang dapat menyesuaikan framework agar sesuai dengan kebutuhan bisnis tertentu tanpa harus mengubah kode inti framework.

5.       Standards and Guidelines :

Struktur à Framework mengikuti standar dan pedoman pengembangan yang telah ditetapkan, memastikan bahwa pengembangan perangkat lunak berjalan konsisten dan sesuai dengan praktik terbaik

Kegunaan à Standar dan pedoman ini meningkatkan kolaborasi antara pengembang, mempermudah pemeliharaan, dan meningkatkan kualitas perangkat lunak yang dihasilkan.

Dengan menggunakan framework, pengembang perangkat lunak dapat menghemat waktu, meningkatkan produktivitas, meminimalkan kesalahan, dan menghasilkan aplikasi yang lebih stabil, dapat diandalkan, dan mudah diperbarui seiring berjalannya waktu.

 

No 2. Dalam pembuatan aplikasi, pertimbangan apa saja ketika memilih metode implementasi Winform, WPF , ataupun UWP. Jelaskan perbedaan masing-masing.

1.       WinForms (Windows Forms):

WinForms adalah teknologi yang menggunakan pendekatan tata letak berbasis formulir (form-based layout). Pengembang mendesain UI dengan menempatkan kontrol-kontrol (seperti tombol, teks box, dan daftar) di atas formulir. WinForms diketahui sebagai teknologi yang stabil dan telah ada sejak lama. Biasanya digunakan untuk aplikasi desktop tradisional. Untuk tata letak sendiri, WinForms lebih terbatas dalam tata letak dan gaya desain dibandingkan dengan WPF.

2.       WPF (Windows Presentation Foundation):

WPF menggunakan pendekatan tata letak berbasis XAML. UI dibangun menggunakan file XAML yang memisahkan presentasi dari logika aplikasi. WPF menawarkan kemampuan yang lebih kuat dalam UI design dan memisahkan presentasi dari logika bisnis.WPF juga menawarkan fleksibilitas yang lebih besar dalam merancang tata letak dan mendukung animasi, transformasi, dan efek visual lainnya.

3.       UWP (Universal Windows Platform):

UWP adalah platform pengembangan aplikasi universal untuk Windows 10. Menggunakan XAML atau tata letak berbasis kanvas sebagai desain UI nya. UWP memungkinkan pengembangan aplikasi yang dapat dijalankan di berbagai perangkat Windows, termasuk PC, tablet, ponsel, Xbox, dan lainnya. Dikembangkan untuk memungkinkan aplikasi yang responsif, cross-devices, yang mendukung tata letak adaptif untuk berbagai bentuk dan ukuran layar

Saat memilih untuk membangun aplikasi menggunakan antara WinForms, WPF, dan UWP, keputusan biasanya didasarkan pada kebutuhan aplikasi, kompleksitas UI design, dan target perangkat.

- WinForms : cocok untuk aplikasi desktop sederhana

- WPF : cocok untuk aplikasi yang memerlukan fleksibilitas dan fitur desain yang lebih kaya & beragam

- UWP : cocok untuk aplikasi yang dapat dijalankan di berbagai perangkat Windows.

 

No 3. Untuk memperjelas jawaban no 2, Buatlah screenshot aplikasi yang pernah dibuat, beserta deskripsi dan link tugas yang pernah dikerjakan mengenai Winform, WPF dan UWP

-          WinForm

Deskripsi: Membuat Kalkulator Sederhana

Link Tugas: https://myplatinumink.blogspot.com/2023/09/tugas-pbkk-1.html

Screenshot Hasil:


Deskripsi: Membuat Aplikasi Webcam Capture

Link Tugas: https://myplatinumink.blogspot.com/2023/09/tugas-2-pbkk.html

Screenshot Hasil:


-          WPF

Deskripsi: Membuat Aplikasi List Name

Link Tugas: https://myplatinumink.blogspot.com/2023/09/tugas-3-pbkk.html

Screenshot Hasil:


Deskripsi: Membuat Aplikasi Dashboard

Link Tugas: https://myplatinumink.blogspot.com/2023/09/tugas-3-pbkk.html

Screenshot Hasil:

 


-          UWP

Deskripsi: Membuat Aplikasi Photolab

Link Tugas: https://myplatinumink.blogspot.com/2023/09/tugas-4-pbkk.html

Screenshot Hasil:

   

 

No 4. Apa yang dimaksud dengan aplikasi Rich UI. Buatlah aplikasi Rich UI yang berguna dalam kehidupan sehari hari, misal Animasi Clock, aplikasi cuaca, pemantauan kesehatan. Buat design UI nya.

    Aplikasi Rich UI (User Interface) mengacu pada aplikasi perangkat lunak yang memiliki antarmuka pengguna yang lebih canggih, interaktif, dan visual daripada antarmuka standar. Fitur-fitur yang membuat aplikasi ini "kaya" termasuk desain visual yang menarik, elemen-elemen animasi, tata letak yang dinamis, dan pengalaman pengguna yang disesuaikan dan responsif. Tujuannya adalah memberikan pengalaman pengguna yang lebih memikat, intuitif, dan menyenangkan.

Desain Aplikasi Cuaca:


No. 5. Implementasikan soal no 4, kemudian buat video tutorial pengerjaannya, upload di Youtube, dan embedded di blog dokumentasi.

Link Source Code: Hasil Kuis 1 PBKK
Video Record :












 




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tugas 1 PBKK

Tugas 10 PWEB

Tugas 7 PWEB